Contoh Jadwal Harian Untuk Pelajar Sma

Contoh Jadwal Harian Untuk Pelajar Sma

TIPS MEMBUAT JADWAL HARIAN ANAK DI RUMAH

Yuks bikin jadwal koran meski anak doyan, ibu doyan!

Aloha! Gimana kabarnya buibu semua? Saya sih alhamdulillah baik, tiba dapat menimbangi kewarasan lagi karena PTS si abang udah selesai tadi pagi *nangis sedih* Si abang dan adek-adeknya juga bisa mendesau lega karena Mamanya gak akan berubah jadi Kingkong saking gemesnya nyuruh anak belajar. Huahahaha.

ini dia beberapa manfaat membuat jadwal harian untuk anak di rumah

Beneran ya, yang namanya ujian momongan sekolah tuh sebetulnya eksamen untuk ortunya juga. Apalagi bikin kelas rendah (kelas 1,2,dan 3) tutorial bahasa Indonesia, ilmu hitung, PKn, PJOK, dan SBdp tuh dijadikan satu ke alat penglihatan pelajaran Tematik. Jadilah dalam sehari kudu nemenin momongan review ain pelajaran nan banyak bener itu. Gimana gak kliyengan coba?

Sudahlah, karena sibuk sama kakaknya, adek-adeknya jadi keteteran deh. Malar-malar sejak Miskin benar meninggal karena covid, saya sempet down dan kaprikornus sedikit
in touch
sebanding kegiatan mereka. Saat mau mulai nyusun jadwal sekali lagi, mendadak kaprikornus bingung koteng.
Blank, bener-bener lain ngerti harus mulai berpangkal mana. Huhuhu.

Ada yang sering begitu jugakah? Kalau terserah, sini yuk kita pagutan virtual lampau *peluukkkk*

Setiap masalah, pasti cak semau solusinya. Ndilalahe kemarin itu saya lihat pelecok satu temen sharing adapun bincang santainya Teh Patra. Sempat kan, Yulia Cleopatra itu loh, jikalau nan pakcik-pakcik pemain FB senior pasti tahu deh. So, mumpung sedang selo dan emang butuh banget, saya memutuskan kerjakan turut kelasnya.

6 Cara Belajar yang Diperlukan Anak

Saya tuh salut ya sama Teh Patra, blio adalah lulusan ITB tapi memilih makara IRT. Mirip lah sama saya yang lulusan UGM dan berakhir kaprikornus IRT juga, bedanya dia jauh lebih cak acap dan serius mendidik anak-anaknya. Ha piye, lima anaknya
homeschooling
semua. Coba bandingin sama saya yang ngajar matematika ke si abang aja udah lamba-lambai tangan ke sisi kamera tanda menunduk.

Baca Juga :  Bahasa Arab Angka 10

Long short story, setelah mengungkapkan alasan-alasannya memintal homeschooling, Teh Patra spontan masuk ke materi. Menurut beliau, setidaknya ada 6 cara belajar yang dapat kita terapkan ke momongan.

  1. Visual
  2. Diskusi/Verbal
  3. Kognitif
  4. Experience
  5. Motorik berangasan
  6. Motorik halus

Keenam keadaan ini sebaiknya dilakukan semua n domestik sehari. Bintang sartan jangan kita titik api membiasakan menggambar tok (motorik halus) dan lupa bakal mengajak mereka latihan jasmani bareng (motorik garang). Kita juga boleh membiasakan menyinkronkan serempak menonton video (visaul), sinkron setelahnya ngobrolin apa yang tadi ditonton (diskusi)

Waktu menyimak ini saya bintang sartan inget sekolah jaman SMA habis. Musim itu, cak agar sekolah distrik, sekolah saya fasilitasnya boleh dibilang model. Saya dan teman-teman belajar dengan keenam cara diatas.

Pas SD yang minimal ngenes karena fasilitasnya minim banget. Saat itu sebanyak-banyaknya cara belajarnya sawala, psikologis, experience, dan motorik halus. Motorik kasarnya dapet waktu gerak badan, visualnya gak dapet blas karena TV sahaja cak semau di ruang master.

7 Aspek Pendidikan nan Wajib Diajarkan ke Anak

Setelah mandu belajarnya udah dapet, kira-kira apa aja nan perlu kita ajarkan ke anak? Ki aib ini sudah dirangkum makanya Teh Minyak. Menurut blio, konten-konten yang perlu kita
share
ke anak yaitu :

  1. Pendidikan Keimanan
  2. Pendidikan Akhlak
  3. Pendidikan Jasad
  4. Pendidikan Rohaniah
  5. Pendidikan Sensibel
  6. Pendidikan Sosial
  7. Pendidikan Seksual

Intim semua praktisi parenting nan saya ikuti berpikiran sama : pendidikan keimanan itu nomor suatu. Iman sebelum adab, kesopansantunan sebelum ilmu, ilmu sebelum amal. Setidaknya bikin saya yang muslim, ini memang jadi pegangan banget sih.

Anyway, pendidikan seksual itu juga terdahulu ya boeboooo. Seneng banget eui kebobrokan ini disebut sama Teh Patra karena banyak ibu bapak merasa risih buat membahasnya. Pada salah paham, ngiranya pendidikan seksual adalah mengajarkan prinsip bakal melakukan asosiasi seksual. Ihh eww.

Baca Juga :  Berikut Yang Dapat Digunakan Sebagai Media Tanam Adalah

Selama sesi kemarin, Teh Minyak memasrahkan porsi waktu cukup besar ketika wicara adapun tanggung jawab pendidikan keyakinan. Blio sendiri mengajarkan sedikitnya lima hal berguna kepada anaknya terkait religiositas.

Edukasi keimanan pada anak

Terbantah gak? Itu ada tauhid, fiqh, ibadah, sirah Rasulullah, dan yang bungsu Al-Quran. Sesedikit itu tapi yang terus dan terus ditekankan oleh Teh Patra kepada kami semua selalu mengenai tauhid.

Iya sih, mau sepintar apapun, sehebat apapun, sejenius apapun, sekiranya tak ada tauhid di hatinya boleh jadi mlengse. Sudah lalu banyak kok orang-khalayak yang membuktikan keadaan ini.

Kemudian akan halnya tanggung jawab pendidikan badan, disebutkan bahwa bak ayah bunda kita terbiasa menerimakan : makanan, minuman, sport, kesempatan bakal tidur yang patut, mencegah kebobrokan rembet, serta pelamar-obatan.

Sharing sedikit ya, jadi si abang (anak purwa) itu ketel mempunyai asma. Sebelum pandemi kami rutin berobat ke RSCM, setelah taun konsultasinya online. Ada sebulan dia rutin menenggak obat alergi dan seropot ceretide pula, tapi sejak setiap magrib menyenggangkan waktu untuk main basket atau badminton, alerginya berkurang jauh.

Pengalaman yang saya rasakan ini sependapat dengan apa yang Teh Patra sampaikan. Anak-anak blio punya jadwal sport setiap minggunya, baik itu nan
high impact
maupun
low impact
. Manfaatnya yakni, anak jadi tak ngantukan dan lebih mudah fokus detik belajar.

Contoh Jadwal Harian ala Teh Petro

Ini dia contoh jadwal harian untuk anak
Jadwal aktivitas harian untuk anak
contoh rancangan aktivitas harian untuk anak yang bisa diterapkan di rumah

Berikut Madam lampirkan beberapa hipotetis jadwal aktivitas harian untuk anak asuh-anak asuh ya. So far Teh Patra berpendapat kalau kerjakan beraktivitas anak-anak asuh tak perlu terpaku plong jadwal. Maksudnya, gak perlu diurutin yang pertama dilakukan adalah A, kemudian B, yunior C, dan enggak-lain. Bebas aja waktunya kepingin bilamana, cak hendak yang mana pula. Hal terpenting adalah semua kegiatan tersebut timbrung dan dilakukan.

Baca Juga :  Beras Donasi Shopee Tanam

Well, itu agak bersebrangan sama apa yang selama ini saya lakukan sih, wkwkwk. Soalnya saya tipe nan berpatokan teguh ekuivalen jadwal. Anak-anak seorang lebih nyaman dengan kegiatan yang telah tercatat dengan baik.

Setelah menyimak pemaparan Teh Patra, saya langsung praktek. Cara membiasakan yang kurang banget saya bakal di rumah yakni urun pendapat. Bantu dimaklumi karena ada 3 anak di rumah dan ketiganya suka ngomong semua. Alih-alih sumbang saran, umumnya sih mereka bertiga berakhir beradu buku tangan gitu-gitu. Fyuhh.

Saya juga membusut porsi belajar motorik kasar-nya. Simpel aja kayak lomba lari di apartemen atau bulu tangkis di kondominium sampai mereka
keingetan
eh, keringetan.

Kesimpulannya, saya seneng banget akhirnya punya kesempatan nyimak sharing bersumber Teh Minyak secara sinkron. Jadi punya vitalitas dan gambaran harus gimana nih ketika merancang jadwal koran anak-anak.

Kalau ibu-ibu lain gimana? Tertarik untuk untuk jadwal harian sekali lagi? Yuk-lah saya dibagi, mana tau bisa ikutan belajar 🙂

Contoh Jadwal Harian Untuk Pelajar Sma

Source: https://ayunafamily.com/tips-membuat-jadwal-harian-anak-di-rumah/